Root dan TWRP

Apa Itu TWRP Android

Halo para penggemar Android, apakah sudah tau apa itu TWRP? Bagi Anda yang suka oprek Android, pasti sudah tau apa itu TWRP. 

Kali ini saya akan mengulas sedikit tentang TWRP yang konon menjadi primadona para opreker Android. Sebelum membahas apa itu TWRP, saya akan memulainya dari hal yang paling dasar terlebih dahulu.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa Android itu dirilis oleh Google dengan status open source. Sistem Android sendiri sudah menyediakan banyak fitur tersembunyi yang tidak semua orang mengetahuinya. Mungkin Anda yang suka oprek sudah tidak asing lagi dengan splash screen, boot animation, bootloader, dan rcovery mode. 

Karena disini saya akan membahas TWRP, maka saya akan sedikit mengulas recovery mode. 

apa itu twrp

Apa itu recovery Android?

Recovery pada sistem Android mengacu kepada partisi bootable khusus yang di dalamnya telah terinstal konsol pemulihan. Mode recovery menyediakan banyak menu untuk membantu pengguna dalam memperbaiki instalasi sistem, sekaligus bisa dipergunakan untuk menginstal pembaruan resmi Sistem Operasi.

Secara default, semua perangkat Android dilengkapi dengan recovery bawaan atau yang biasa disebut dengan stock recovery. Namun sayangnya, recovery bawaan ini memiliki fungsi utama yang sangat terbatas.

Karena recovery bawaan ini memiliki keterbatasan, maka para pengembang Android bekerja keras agar bisa meminimalisir keterbatasan recovery Android. Sampai pada akhirnya terciptalah custom recovery, dan salah satunya adalah TWRP.

Jadi apa itu TWRP ?

TWRP itu sendiri merupakan singkatan dari Team Win Recovery Project. TWRP adalah sebuah custom recovery yang tarcipta untuk mempermudah para pengguna dalam mengelola sistem Android. Antar muka TWRP pun sangat familier, sebab penggunaannya sudah mendukung touchscreen.

TWRP memiliki banyak fitur yang tidak dimiliki oleh stock recovery. Fitur-fitur yang disediakan memang sangat dibutuhkan dalam modifikasi Android, diantaranya adalah:

  • Install custom ROM;
  • Install Kernel atau Boot;
  • Mendapatkan akses root;
  • Full backup dan restore sistem;
  • Bahkan mendukung transfer file dalam mode MTP.

Sebenarnya masih banyak lagi fitur yang ditawarkan oleh TWRP, namun terlalu panjang untuk di ungkap satu per satu. Karena memiliki fitur yang lengkap serta menyediakan antar muka yang mudah, maka tak heran jika TWRP menjadi primadona para pengguna.

Bahkan yang paling menariknya lagi, TWRP pun memiliki sifat yang sama dengan Android, yaitu open source. Dengan kata lain, kita sebagai pengguna diperbolehkan untuk memodifikasi dan mengembangkan kembali. Jika Anda ingin mencari TWRP yang sesuai dengan tipe Android yang Anda gunakan, silahkan lihat di situs resminya.

Kesimpulan

Jadi TWRP itu adalah sebuah inovasi yang dikembangkan dari stock recovery.  TWRP menyediakan banyak fungsi yang tidak dimiliki stock recovery, dengan kata lain TWRP adalah sebuah custom recovery.

Referensi: Solusi Gagal Pasang TWRP Samsung J2 Prime

Sampai disini saya rasa Anda sudah paham apa itu TWRP. Lalu apakah Anda tertarik untuk menggunakannya.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close