Root dan TWRPTips dan Trik

Aplikasi Root Android Terbaik Saat Ini Cek Nomor 3

Aplikasi Root Android

Hallo penggemar Android, kali ini saya akan membahas tentang beberapa aplikasi root Android. Dalam artikel ini saya juga akan menjelaskan tata cara penggunaannya, kelebihan dan kekurangan dari aplikasi root Android yang akan saya bahas.

Sebelumnya, apakah sobat sudah tau apa itu akses root? Jika sudah, maka kita lanjutkan saja. Tapi jika belum tau, maka silahkan dibaca untuk mengenal akses root Androd lebih mendalam.

Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya, bahwa akses root itu adalah sebuah perizinan penuh terhadap sistem dan subsistem yang ada pada Android. Jadi ketika sudah memiliki akses root, maka sobat akan lebih leluasa untuk memodifikasi sistem Android.

Namun yang jadi pertanyaannya, bagaimana cara mendapatkan akses root.

Untuk mendapatkan akses root, sobat membutuhkan aplikasi root Androd seperti Kingroot, Framaroot, SuperSU, Magisk dan masih banyak lagi. Lalu diantara aplikasi root Android ini, manakah yang lebih baik untuk saat ini.

Namun perlu saya sampaikan bahwa Android yang sudah di root itu memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi pahami terlebih dahulu.

Aplikasi Root Android Yang Umum Digunakan

Disini saya akan mencoba untuk mengulas tiga aplikasi root Android yang paling umum digunakan. Mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan sobat jika ingin melakukan rooting.

1. Aplikasi Root Kingroot

aplikasi root android kingroot

Kingroot adalah sebuah aplikasi atau alat untuk sobat yang hanya ingin melakukan root tanpa melakukan flashing pihak ketiga. Kingroot dapat berjalan hampir di semua Android mulai dari OS versi 2 hingga OS versi 5.

Sistem kerja kingroot berdasarkan pada eksploit sistem. Jadi strategi root yang paling cocok akan diambil dari cloud dan menyesuaikan dengan perangkat Android sobat. Oleh karena itu jika ingin melakuan root dengan aplikasi kingroot, maka harus ada koneksi internet.

Kelebihan Kingroot

Dapat digunakan dengan mudah, cukup dengan istall aplikasinya, jalankan dan selesai. Setelah mendapatkan akses root, maka akan ada Purify yang bisa setting untuk menghemat daya baterai perangkat Android sobat.

Kekurangan Kingroot

Kingroot hanya bisa berjalan pada perangkat Android dengan OS versi 2 hingga OS versi 5 saja. Selain itu, kingroot juga tidak bisa menembus KNOX Samsung dan Sony RIC secara sempurna.

Kingroot juga tidak bisa berjalan tanpa adanya koneksi internet. Jika koneksi internet tidak stabil, maka akan mengulang proses rootingnya dari awal lagi.

Cara Root Dengan Kingroot

  • Pertama sobat download aplikasi kingroot versi terbaru di situs resminya.
  • Istall aplikasinya lalu jalankan aplikasi kingroot dengan menekan menu start.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai, maka akan ada notifikasi berhasil atau tidaknya.

Cara Menghapus Kingroot (Unroot)

  • Buka aplikasi kingroot.
  • Pilih pada bagian pengaturan.
  • Klik menu copot kingroot.
  • Tunggu sampai selesai.
  • Reboot perangkat Android sobat.

2. Aplikasi Root SuperSU

aplikasi root android supersu

Berbeda dengan Kingroot, SuperSU memiliki kemampuan root yang lebih baik. Jika kingroot hanya mampu berjalan hinga OS 5 saja, SuperSU mampu berjalan hampir pada semua OS.

SuperSU secara otomatis akan membuat custom binary pada subsitem Android. Fungsi dari binary SU sebagai alat kontrol aplikasi superuser, apakah mengizinkan root atau tidak jika ada permintaan izin root.

Kelebihan SuperSU

SuperSU mampu berjalan hampir pada semua OS Android dan tidak membutuhkan koneksi internet. Selain itu, SuperSU juga mampu menembus KNOX Samsung dan RIC Sony.

Kekurangan SuperSU

Harus menggunakan custom recovery seperti TWRP dalam prosesnya. Selain itu, SuperSU memiliki versi berbayar atau SuperSU pro untuk mendapatkan pengaturan yang full kontrol.

Cara Root Dengan SuperSU

  • Download file SuperSU zip, sesuaikan dengan tipe perangkat Android sobat.
  • Masuk ke mode custom recovery atau TWRP.
  • Pilih menu install dan arahkan ke file SuperSU zip nya.
  • Setelah selesai reboot sytem.

Cara Menghapus SuperSU (Unroot)

  • Buka aplikasi SuperSU
  • Masuk ke menu pengaturan
  • Pilih unroot penuh
  • Setelah selesai, reboot perangkat Android sobat.

3. Aplikasi Root Magisk

aplikasi root android magisk

Magisk merupakan aplikasi root Android yang sedang populer saat ini. Karena Magisk memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan dua aplikasi yang sudah saya sebutkan diatas.

Jika kingroot dan SuperSU merubah sistem Android dalam melakukan root, berbeda dengan Magisk. Magisk tidak merubah sedikitpun sistem Android, namun hanya menimpa sistem yang ada tanpa merubah dan menghapusnya.

Jadi ketika sobat ingin mencopot akses root nya, maka Magisk akan mengembalikan sistem aslinya tanpa ada perubahan sedikitpun.

Kelebihan Magisk

Melakukan root Android tanpa merubah sistem binary pada Android, sehingga mampu mengembalikan binary original secara sempurna.

Selain itu Magisk juga memiliki banyak pilihan module layaknya xposed. Magisk juga bisa menyembunyikan akses root pada aplikasi yang bisa kita sesuaikan sendiri.

Bahkan Magisk mampu menyembunyikan aplikasi Magisk Managernya dengan membuat packname secara acak hanya dengan sekali klik saja. Hal ini mampu untuk mengelabui aplikasi yang melarang penggunaan root, seperti aplikasi perbankan.

Kekurangan Magisk

Magisk hanya mampu berjalan pada Android minimal veri OS 5 atau Lollipop. Sehingga untuk pengguna Android dengan versi Kitkat kebawah, tidak bisa menikmati layanan dari Magisk.

Cara Root Dengan Magisk

  • Download Magisk zip terbaru di situs resminya.
  • Masuk kedalam mode custom recovery atau TWRP.
  • Pilih menu install dan arahkan ke file Magisk zip nya.
  • Setelah selesai reboot system.

Selain cara diatas, Magisk juga bisa dipasang dengan metode penambalan karnel atau boot img. Namun cara ini agak sedikit lebih rimit.

Cara Menghapus Magisk (Unroot)

  • Buka aplikasi Magisk Managernya.
  • Klik menu copot.
  • Pilih pulihkan image.
  • Lalu copot total.
  • Maka setelah selesai akan reboot otomatis.

Selain cara diatas, cara menghapus Magisk juga bisa menggunakan metode TWRP. Download Magisk Uninstaller zip di situs resminya, lalu lakukan langkah seperti cara istall Magisk.

Diatas sudah saya jelaskan secara terperinci kelebihan dan kekurangannya, cara pasang dan menghapusnya juga. Mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan sobat jika ingin melakukan rooting.

Jika menurut saya pribadi, Magisk merupakan aplikasi root Androd terbaik untuk saat ini. Karena selama pengalaman saya tentang root Android, Magisk lah yang mampu menyediakan fasilitas yang lebih lengkap.

Cuma sampai disini saja berbagi pengalaman saya tentang aplikasi root Android. Cerita ini saya buat berdasarkan pengalaman saya pribadi. Bila ada kekurangan harap dimaklumi, karena saya hanya seorang amatiran yang masih belajar.

Semoga cerita ini bisa bermanfaat untuk sobat yang membutuhkannya.

Salam Android….

Show More

Double L

Seorang amatiran yang ingin belajar dan senang untuk berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close