Tips dan Trik

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Dengan Mudah

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Tanpa Root dan Root

Terkadang kita merasa jengkel ketika tidak bisa install aplikasi dari Play Store dengan notifikasi memori tidak cukup. Oleh karena itu terlintas di pikiran kita bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan Android yang tidak terpakai.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan

Jika kita menggunakan Android high level, maka kendala ini sangat jarang terjadi karena kapasitas penyimpanannya sudah besar. Berbeda cerita jika kita menggunakan Android entry level, maka kendala ini akan sering terjadi. Wajar saja karena Android entry level itu mempunyai kapasitas penyimpanan yang terbatas.

Dengan kondisi yang demikian, maka salah satu jalan untuk menyiasatinya dengan menghapus aplikasi bawaan Android itu sendiri. Walaupun pada dasarnya aplikasi bawaan itu bisa dinonaktifkan, namun tetap saja masih memakan space penyimpanan karena aplikasinya belum dihapus. Jadi saya rasa kurang efisien dengan cara menonaktifkan aplikasi bawaan.

Agar dapat menghapus aplikasi bawaan Android, maka ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Syarat yang harus dipenuhi antara lain adalah status Android Anda dalam keadaan root sertya sudah terpasang custom recovery atau TWRP.

Namun kebanyakan pada kasus ini, banyak dari mereka yang mencari bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan Android tanpa root. Wajar saja jika pertanyaan ini sering dilontarkan, karena Android dengan status root itu ada kelebihan dan kekurangannya.

Pada postingan ini saya akan berbagi tips bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan Android dengan status root dan juga tanpa root.

Artikel Referensi:

Menghapus aplikasi bawaan Android dengan status root

Jika status Android kita sudah root, maka banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk menghapus aplikasi bawaan Android. Contohnya seperti APP remover, Root Explore dan masih banyak yang lainnya. Pada kasus ini saya akan menggunakan aplikasi ES File Explorer. Karena menurut saya lebih simple dan lebih mudah untuk digunakan, oleh karenanya simak ulasannya.

Langkah pertama download aplikasi ES File Explorer di Play Store, lalu jalankan aplikasinya. Lalu klik pada bagian menu atau garis 3 di sebelah kanan atas, maka Anda akan banyak menjumpai menu di sana. Aktifkan pada bagian menu penjelajah root maka maka harus Anda Izinkan.

Setelah itu kembali lagi ke tampilan awal ES File Explorer, dan sekarang pilih menu APP. Maka di situ akan terpampang seluruh aplikasi yang ada di Android kita. Pada bagian menu dropdown maka kita harus pilih aplikasi sistem, karena secara default nya menu dropdown berada di aplikasi pengguna, jadi kita harus ganti menu dropdown nya dengan aplikasi sistem. 

Nah disini kita bisa menghapus aplikasi sistemnya atau aplikasi bawaan Android. Caranya kita klik dan tahan sebentar sampai ada ceklis warna hijau di sebelahnya, lalu pilih aplikasi apa saja yang mau dihapus. Setelah dirasa sudah cukup aplikasi yang mau dihapus maka pilih menu copot dengan logo tong sampah di bawah. Tunggu sampai prosesnya selesai dan restart Android Anda, setelah menyala maka aplikasi yang tadi dipilih sudah hilang atau sudah terhapus dari Android Anda.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan

Menghapus aplikasi bawaan tanpa root

Jika status Android tidak root atau non root, maka syarat utama dan wajib adalah pasang custom recovery atau TWRP. 

Pertama masuk menu TWRP, caranya berbeda-beda jadi di sesuaikan saja dengan Android kalian masing-masing. 

Pilih menu Mount dan ceklis sistem serta data, lalu kembali lagi ke home TWRP. Masuk menu Advance pilih File Manager, dan masuk ke folder system. Aplikasi bawaan Android ini terbagi menjadi dua folder, pertama di folder APP dan kedua di folder Priv-APP. Masuk di kedua folder tersebut maka akan terlihat daftar aplikasi bawaan Android. 

Klik pada aplikasi yang ingin anda hapus, dan pilih ceklis yang ada di kanan bawah, pilih menu delete. Maka akan ada notifikasi untuk konfirmasi, jika kita ingin menghapus tinggal Swift ke kanan saja konfirmasinya maka secara otomatis aplikasi tersebut akan terhapus. Terus ulangi langkah ini untuk semua aplikasi yang ingin dihapus. Setelah selesai maka pilih menu reboot dan reboot system.

Demikianlah trik Bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan Android tanpa root dan root. Semoga tulisan ini bisa membantu Anda, di lain kesempatan mungkin akan saya buatkan video tutorialnya untuk memperjelas tulisan ini.

Show More

Double L

Seorang amatiran yang ingin belajar dan senang untuk berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close