Root dan TWRP

Kelebihan dan kekurangan Root yang Wajib Diketahui

Apakah anda belum mengetahui kelebihan dan kekurangan root smartphone Android Anda?

Pada kenyataannya, ada sebagian dari mereka yang masih ragu untuk melakukan root Android mereka. Hal ini sangat wajar, mungkin mereka belum mengetahui kelebihan dan kekurangan root Android. Pada postingan kali ini saya akan coba menjelaskan sedikit kelebihan dan kekurangan root Android sebagai bahan pertimbangan untuk Anda.

Sejak smartphone Android dikeluarkan oleh Google, produk ini melejit sangat pesat di semua kalangan bahkan di dunia. Google meluncurkan Android dengan status open source, jadi kita bebas untuk bereksperimen dengan produk tersebut. Karena sifat dari Android ini open source, jadi banyak para pengguna Android yang melakukan modifikasi terhadap Android mereka.

Jika ingin memodifikasi Android Anda, seperti menghapus aplikasi bawaan dari Android tersebut, memasang custom ROM, maka Anda memerlukan akses root. Namun sebelum Anda melakukan rooting, alangkah baiknya untuk  memahami terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan root Android. 

Apa Itu Root

Melakukan root adalah sebuah proses untuk mengizinkan pengguna ponsel pintar, tablet, dan piranti lain yang berjalan pada sistem operasi Android untuk mendapatkan kontrol yang lebih tinggi (dikenal dengan “akses root”) pada berbagai subsistem Android. Karena Android menggunakan kernel Linux, proses ini memberikan akses ke dalam hak administratif seperti pada Linux atau sistem operasi yang mirip dengan Linux, seperti FreeBSD atau OS X. (Sumber Wikipedia)

Kelebihan dan Kekurangan Root

Pada dasarnya, root itu mempunyai kelebihan dan tentu saja memiliki kekurangannya juga. Jika kita berfikir realistis, maka jangan hanya melihat kelebihannya saja karena root juga memliki kekurangan.

Kelebihan Root Android

Keuntungan pertama adalah bisa menambah ruang penyimpanan dari Android Anda dengan status root. Lalu bagaimana caranya? 

Untuk menambah ruang penyimpanan Android Anda, maka anda harus menghapus aplikasi aplikasi bawaan yang sekiranya kurang penting. Sebab aplikasi-aplikasi bawaan dari Android terkadang memakan ruang penyimpanan yang cukup besar. Jika Android Anda dengan status root, maka Anda bisa menghapus aplikasi-aplikasi bawaan tersebut.

Keuntungan yang kedua adalah anda bebas download aplikasi. Google juga sudah menyiapkan marketplace aplikasi yang berjalan di Android yaitu Google Play Store. 

Google Play Store sudah menyediakan ribuan aplikasi baik yang berbayar maupun yang gratis. Tetapi banyak juga aplikasi yang hanya bisa dijalankan pada Android dengan status root. Oleh karena itu jika status Android Anda sudah root, maka anda akan bebas mendownload serta menjalankan aplikasi yang ada di Google Play Store.

Keuntungan yang ketiga Anda bisa kostumisasi ROM, atau yang yang lebih dikenal dengan custom ROM. Jika anda kurang puas dengan ROM bawaan dari produk Android Anda, maka Anda juga bisa menggantinya dengan custom ROM. Namun jika anda ingin menggunakan custom ROM maka anda harus menggunakan custom recovery, dan kebanyakan custom recovery hanya bisa dipasang setelah Android Anda sudah memiliki akses root.

Kelebihan Android yang sudah di-root lainnya,  Anda juga bisa memindahkan aplikasi ke dalam sistem, membackup data, menghemat daya baterai Android, menambah kapasitas RAM, bahkan Anda juga bisa memblokir iklan.

Kekurangan Root Android

Namun dibalik kelebihan Android yang sudah di root, maka ada juga kekurangannya. Berikut ini adalah kekurangan Android yang sudah di root.

Kekurangan yang pertama adalah akan hilang nya garansi dari Android Anda. Walaupun masa garansi Android Anda masih cukup lama, namun ketika Android Anda sudah di root, maka garansi itu akan hilang secara otomatis. Oleh karenanya Jika anda ingin mempertahankan garasi sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu sebelum anda melakukan rooting.

Yang kedua adalah rawan terkena virus dan malware. Dengan melakukan rooting, maka secara langsung kita juga menghilangkan sistem keamanan yang ada di Android tersebut. Oleh karena itu, jika Anda tidak berhati-hati dalam menggunakannya, maka Android Anda akan rentan terkena virus atau malware. 

Yang ketiga adalah Anda tidak bisa melakukan update secara otomatis pada Android Anda. Seperti pada sistem-sistem lainnya, sistem Android juga sering melakukan update untuk menyempurnakan fitur-fitur yang ada sebelumnya. Namun jika anda sudah melakukan rooting, maka layanan update otomatis itu akan hilang. Namun jangan khawatir, kita bisa melakukan update secara manual.

Mungkin itu saja penjelasan dari saya tentang kelebihan dan kekurangan root Android walaupun masih ada lagi kelebihan dan kekurangannya tapi saya rasa poin-poin diatas lah yang sangat penting untuk anda ketahui.

Jadi untuk Anda yang berniat melakukan rooting Sebaiknya anda pikirkan dahulu poin-poin di atas Sebagai bahan pertimbangan untuk anda.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close