Root dan TWRP

Mengenal Akses Root Pada Android Lebih Dalam

Hallo para penggemar Android, pasti sudah tidak asing lagi dengan akses root kan. Pastinya sebagian besar dari kalian sudah mengetahui apa itu root. Jika Anda adalah seorang penggemar game dan yang suka oprek ataupun yang suka dengan gaya tampilan, maka dapat dipastikan sudah tidak asing lagi dengan root.

Tetapi jika Anda seorang pengguna Android saja, kemungkinan masih ada juga yang belum tau apa itu root. Jika memang ada yang belum mengetahuinya, maka saya akan menjelaskannya dalam artikel ini. Walaupun terlihat sangat usang pembahasan ini, namun tidak ada salahnya jika saya sekedar untuk mengingatkan kembali.

akses root

Apa Itu Akses Root ?

Sebenarnya apa si akses root itu dan apa fungsinya? Menurut keterangan dari Wikipedia, akses root adalah sebuah proses untuk mengizinkan pengguna ponsel pintar, tablet, dan piranti lain yang berjalan pada sistem operasi Android untuk mendapatkan kontrol yang lebih pada berbagai subsistem Android.

Proses melakukan root ini dilakukan untuk mendapatkan hak akses lebih tinggi yang dibatasi oleh pabrik perangkat lunak pada beberapa piranti. Oleh karena itu, proses ini akan memberikan keleluasaan untuk mengganti aplikasi sistem dan pengaturannya, menjalankan aplikasi khusus yang membutuhkan izin administrator, atau menjalankan operasi lainnya yang tidak dapat dilakukan oleh pengguna Android biasa.

Dengan keterangan itu, maka dapat disimpulkan bahwa akses root itu adalah sebuah akses perizinan penuh terhadap sistem Android.

Jadi ketika kita memiliki Android dengan status root, maka kita akan lebih leluasa untuk melakukan modifikasi terhadap Android. Bahkan kita juga bisa mengganti sistem pabrikannya sesuai dengan selera kita sendiri atau yang sering disebut dengan custom ROM.

Namun perlu diingat, bahwa root juga memiliki kelebihan dan kekurangannya. Oleh karena itu sebelum melakukan rooting, alangkah baiknya kita cari tau dulu apa kelebihan dan kekurangan root itu sendiri. Sebab kita harus menanggung konsekwensi yang ditimbulkan setelah melakukan root. Setelah memahaminya, barulah menentukan pilihan apakah ingin menggunakan Android dengan stastus root atau tidak.

Jika Anda tertarik untuk melakukan rooting, maka Anda wajib mengetahui aplikasi root Android tetbaik saat ini.

Sampai disini saja ulasan singkat yang terlihat sudah usang dari saya. Lalu apakah Anda tertarik untuk melakukan rooting?

Pilihan ada ditangan Anda sendiri.

Show More

Double L

Seorang amatiran yang ingin belajar dan senang untuk berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close