Root dan TWRPTips dan Trik

Pasang TWRP Tanpa PC Cukup Dengan Hp

TWRP merupakan custom recovery yang paling populer, namun proses pemasangan TWRP pada umumnya membutuhkan PC atau laptop dalam prosesnya. Lalu apakah bisa pasang TWRP tanpa PC atau laptop. 

Pada artikel ini saya akan berbagi trik bagaimana cara pasang TWRP tanpa PC, tanpa root via fastboot.

pasang twrp tanpa pc

Pada dasarnya proses trik ini sama persis dengan cara pasang TWRP menggunakan PC. Namun dalam trik ini, PC nya di ganti dengan hp. Jadi lebih tepatnya kita menggunakan bantuan hp untuk pasang TWRP pada hp target.

Sebagai catatan, tidak semua tipe android bisa menggunakan trik ini. Seperti hp Samsung, tidak bisa menggunakan trik ini, karena harus menggunakan Odin.

Baiklah kita lanjutkan pada topik pembahasannya.

Syarat Pasang TWRP tanpa PC

Dalam proses ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi jika ingin sukses dalam melakukannya. Jika salah satu syarat tidak dipenuhi, maka abaikan saja trik ini. Berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi.

  • Hp target harus sudah unlock bootloader
  • Hp pengganti PC harus root dengan magisk (wajib)
  • Harus install modular magisk ADB & Fastboot for Android NDK
  • Install terminal emulator di Play Store
  • Kabel USB
  • Kabel OTG

Jika syarat-syarat diatas sudah terpenuhi, maka barulah bisa menjalankan trik ini. Sekarang kita lanjut ke dalam langkah dan prosesnya.

Baca juga: Root Samsung J2 Prime dan Solusi Gagal Pasang TWRP

Langkah-langkahnya

Pertama siapkan dan setting hp pengganti PC nya. Buka magisk manager lalu pada pilihan menu klik unduhan. Pada kolom pencarian ketikan ADB & Fastboot, dan klik tanda panah ke bawah ADB & Fastboot for Android NDK. Maka secara otomatis akan mengunduh dan menginstal module tersebut. Setelah selesai klik reboot. Langkah selanjutnya install terminal emulator dari Play Store. 

Langkah kedua, siapkan file TWRP nya dan simpan di Sdcard/internal memory. Ganti nama filenya agar menjadi mudah, contoh saya merubah namanya menjadi tes. Sesuai kan saja, intinya agar mudah mengingatnya. 

Langkah ketiga, siapkan hp target dan masuk ke mode Fastboot. Pada umumnya untuk masuk ke mode Fastboot itu dengan menekan tombol volume bawah dan power secara bersamaan. Koneksikan hp target dengan hp pengganti PC dengan kabel USB yang tersambung dengan OTG. 

Penting port yang tersambung dengan OTG harus ke hp pengganti PC, jangan terbalik ya.

Langkah keempat, buka terminal emulator di hp pengganti PC, lalu ketikan perintah-perintah berikut ini.

  • “su” lalu enter. Maka akan ada notifikasi perizinan root. Maka harus diizinkan, jika di izinkan maka ada awalan tanda pagar pada cmd terminal emulator
  • “fastboot devices” lalu enter.  Jika sudah konek, maka akan ada nomor unik yang tertera.
  • “fastboot flash recovery /sdcard/tes.img” lalu enter (tes disesuaikan dengan nama yang tadi dibuat). Maka proses pemasangan TWRP akan berjalan.
  • “fastboot boot /sdcard/tes.img” lalu enter. Maka secara otomatis akan masuk ke dalam mode TWRP yang sudah diinstal tadi.

Sampai disini kita sudah berada di mode TWRP, lalu lanjutkan saja dengan reboot system. Dalam beberapa kasus ada yang wajib install lazy flasher agar bisa booting setelah pasangan TWRP. 

Untuk memperjelas prosesnya, silakan lihat video ini.

cukup sampai disini trik dari saya, semoga bisa bermanfaat untuk anda. 

Show More

Double L

Seorang amatiran yang ingin belajar dan senang untuk berbagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close