Root dan TWRP

Syarat Pasang TWRP Yang Harus Terpenuhi

Pada artikel sebelumnya, saya sudah mengulas tentang apa itu TWRP untuk pedoman Anda yang belum memahaminya. TWRP merupakan singkatan dari Team Win Recovery Project yang merupakan hasil dari pengembangan stock recovery. Namun untuk dapat menggunakan TWRP, ada syarat yang harus dipenuhi.

Syarat pasang TWRP

Syarat Pasang TWRP

Sebelum melangkah pada proses pemasangan TWRP, maka kita harus memenuhi syarat-syaratnya.

1. Bootloader

Apa itu bootloader?

Pada dasarnya, bootloader adalah paket petunjuk untuk booting kernel sistem operasi dan kebanyakan dari mereka memiliki debugging atau lingkungan modifikasi sendiri-sendiri. Sehingga setiap pabrikan yang berbeda, maka memiliki spesifikasi bootloader yang berbeda pula.

Jika kita ingin pasang TWRP, maka syarat utamanya adalah bootloadernya sudah terbuka atau yang biasa disebut dengan unlock bootloader.

Unlock bootloader merupakan syarat pasang TWRP yang wajib dan harus terpenuhi. Jika status bootloader Android masih dalam keadaan terkunci atau lock bootloader, maka dapat dipastikan 90% akan gagal dalam proses pemasangan TWRP.

Meskipun ada beberapa tipe Android yang bisa di pasang TWRP dengan cara bypass bootloader nya, namun cara ini kurang efektif. Sebab memiliki keterbatasan dalam melakukan kostumisasi sistem Android jika pemasangan TWRPnya dengan cara bypass bootloader. Jadi saya sendiri sangat menyarankan untuk melakukan unlock bootloader sebelum pasang TWRP.

2. PC atau Laptop (Optional)

PC atau laptop juga termasuk syarat pasang TWRP, namun sifatnya optional. Dalam proses pemasangan TWRP, kita membutuhkan PC atau laptop yang sudah terinstall driver adb dan fastboot.

Pemasangan TWRP itu sendiri dilakukan dengan perintah CMD pada PC atau laptop, dan driver adb dan fastboot sebagai perantara konektivitas atara Android dengan PC atau laptop. Adapun perintahnya sebagai berikut:

  • “adb devices” perintah untuk mengetahui atau cek konektivitas Android dengan PC atau laptop;
  • “fastboot flash recovery” perintah untuk pemasangan TWRP;
  • “fastboot boot” perintah untuk masuk ke mode TWRP.

Seperti yang sudah saya utarakan diatas, bahwa PC atau laptop itu sifatnya optional. Jadi dengan kata lain proses pemasangan TWRP bisa dilakukan tanpa PC atau laptop.

Selain menggunakan PC atau laptop, pemasangan TWRP juga bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi. Sebagai contoh aplikasi flashify, rashr, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun kekurangannya, Android harus sudah memiliki akses root.

Jika belum mengetahui apa itu akses root, maka silahkan di baca artikel saya tentang mengenal akses root Android lebih mendalam.

Jika Android kita belum memiliki akses root dan tidak mempunyai PC atau laptop, jangan berkecil hati. Sebab masih ada cara untuk pasang TWRP tanpa PC atau laptop serta tanpa root.

Pemasangan TWRP bisa dilakukan dengan bantuan Android atau hp lainnya. Atau lebih jelasnya, menggunakan hp lain sebagai pengganti PC atau laptop untuk melakukan pemasangan TWRP.

Namun untuk penjelasan lebih detailnya cukup panjang jika saya jelaskan disini. Tetapi saya sudah membuatkan videonya untuk mempermudah dalam prosesnya. Silahkan lihat video dibawah ini.

Cara Pasang TWRP Tanpa PC atau Laptop

Kesimpulan

Jadi syarat pasang TWRP yang utama dan wajib adalah unlock bootloader. PC atau laptop itu menjadi optional saja, karena masih bisa dilakukan tanpa itu.

Cukup Mudah dan sederhana kan syarat pasang TWRP. Namun disini saya hanya menjelaskan syaratnya saja, bukan langkah demi langkah untuk pemasangan TWRP.

Jika ingin mengetahui langkah demi langkahnya, saya juga sudah menyiapkan panduannya di artikel yang berbeda dalam blog saya ini.

Demikianlah sharing dari saya tentang syarat pasang TWRP pada Android. Semoga bisa memberikan manfaat untuk Anda.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close